BANNER IKLAN

PPS Labuhan Tangga Kecil Lantik 56 Anggota KPPS

oleh -16 views

ROKAN HILIR CN- Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melalui Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) melakukan Pelantikan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kepenghuluan Labuhan Tangga Kecil Kecamatan Bangko Kabupaten Rohil kamis, (25/1/2024)

Pelantikan yang digelar di Sekretariat PPS jalan lintas Labuhan Tangga Kecil itu dihadiri antara lain ketua PPS, Amrizal, Setdes Labuhan Tangga kecil Fadli SP, Sekretaris PPS dan anggota, anggota PTPS setempat, para Kadus, Kaur dan Kasi dilingkungan Kepenghuluan tersebut.

Prosesi pelantikan berlangsung khidmat, ditandai dengan pengambilan sumpah jabatan, penandatanganan berita acara pelantikan oleh masing-masing perwakilan KPPS dan penandatanganan fakta integritas.

Ketua PPS Labuhan Tangga Kecil, Amrizal mengatakan ada sebanyak 56 orang anggota KPPS dari delapan TPS di Kepenghuluan itu yang dilantik, dan ditugaskan untuk melaksanakan tugas tugas Pemilu pada 14 Februari 2024 mendatang.

BACA  Bupati Pakpak Bharat sampaikan inovasi unggulan pembangunan daerah

“salah satu tugas KPPS adalah untuk menyelenggarakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS masing-masing,” kata Amrizal dalam sambutannya.

Amrizal juga mengatakan Pemilu tahun ini seluruh anggota kpps akan mendapatkan bimbingan teknis yang akan diselenggarakan KPU Rohil.

“Jika pada Pemilu sebelumnya masing-masing petugas TPS diwakili satu orang untuk mengikuti bimbingan teknis, maka Pemilu tahun 2024 ini semua anggota KPPS akan mendapat bimbingan teknis,” kata Amrizal.

Untuk diketahui, pada hari ini Komisi Pemilihan Umum sedang melakukan pelantikan anggota KPPS secara serentak di seluruh Indonesia.

BACA  Kunjungan Kapolres Kuansing Ke PPK Kecamatan Kuantan Hilir Seberang dan Pastikan Pleno Hitung Suara Pemilu 2024 di Seluruh PPK Aman

Berikut ini Tugas, Wewenang, dan Kewajiban KPPS Pemilu 2024 yang diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2023 Pasal 30, ayat 1 dan 2, sebagai berikut:

Mengumumkan daftar pemilih tetap di TPS.

Menyerahkan daftar pemilih tetap kepada saksi peserta pemilu yang hadir dan pengawas TPS dan dalam hal peserta pemilu tidak memiliki saksi, daftar pemilih tetap diserahkan kepada peserta pemilu.

Melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS.

Membuat berita acara dan sertifikat hasil pemungutan dan penghitungan suara dan wajib menyerahkannya kepada saksi peserta pemilu, pengawas TPS, PPS, dan PPK melalui PPS.

BACA  Proses Rekapitulasi Suara, Sie Dokkes Polres Tebing Tinggi Cek Kesehatan Personel dan PPK

Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Menyampaikan surat pemberitahuan kepada pemilih sesuai dengan daftar pemilih tetap untuk menggunakan hak pilihnya di TPS.

Melaksanakan tugas lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Wewenang KPPS Pemilu 2024
Berdasarkan Pasal 30, ayat 3, PKPU No 8 tahun 2022, KPPS memiliki sejumlah kewenangan:

Mengumumkan hasil penghitungan suara di TPS

Melaksanakan wewenang lain yang diberikan oleh KPU, KPU Provinsi, KPU Kabupaten/Kota, PPK, dan PPS sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Editor : M. rambe

No More Posts Available.

No more pages to load.