BANNER IKLAN

Ini Rincian Bencana Kebakaran Yang Melanda Aceh Tamiang Tahun 2019

oleh -180 views

Aceh Tamiang| Dalam kurun waktu setahun pada 2019, Kabupaten Aceh Tamiang setidaknya telah mengalami 32 kali bencana Kebakaran “Hal tersebut disampaikan Kepala sub bagian program dan pelaporan BPBD Aceh Tamiang, Derry Mahrizal kepada CakrawalaNusantara.id, Selasa (07/07/2020).

“ mulai dari kebakaran pemukiman hingga kebakaran hutan dan lahan ” katanya.

Menurutnya, dari data yang diinput Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dari 32 kejadian kebakaran, yaitu 18 kali bencana kebakaran pemukiman warga yang mengakibatkan kerugian material mencapai ratusan juta rupiah dan kebakaran hutan serta lahan milik masyarakat jerjadi sebanyak 14 kali sepanjang 2019.

BACA  Babinsa Kodim 0422/Lampung Barat Berhasil Menemukan Korban Penculikan. 👇👇

“Di tahun 2019, dari 12 Kecamatan, terdapat 6 Kecamatan yang sering mengalami kebakaran yakni Kec. Bendahara, Karang Baru, Kota Kualasimpang, Manyak Payed, Sekerak dan Rantau ” terang Derry.

Dijelaskannya ” dari kalkulasi Kecamatan yang sering terjadi kebakaran, paling dominan di Kecamatan Karang Baru yang mencapai 12 Kali kebakaran, meliputi 7 kali kebakaran pemukiman dan 5 kali hutan dan lahan.

BACA  Rumah 3 Lantai Dilalap Api, Polres Tebing Tinggi Selidiki Penyebabnya

“Disusul Kecamatan Kota Kualasimpang, sebanyak 7 kali, 3 kali kebakaran pemukiman dan 4 kali lahan,”tutur Kepala sub bagian program dan pelaporan BPBD Aceh Tamiang.

Tak hanya itu, Kecamatan Manyak Payed 4 kali kebakaran lahan, Kecamatan Bendahara sebanyak 3 kali dan Sekrak 3 kali serta Rantau 1 kali.

“Dari akumulasi kerugian Kecamatan Karang Baru mencapai angka Rp. 150 Juta, kota Kuala Simpang Rp. 100 juta dan Sekerak Rp. 100 juta, serta Bendahara Rp. 50 juta,” ungkap Derry.

BACA  Sat Lantas Polres Tebing Tinggi Tangani Laka Lantas Kereta Api Kontra Truck Pengangkut Ampas Ubi

Untuk itu, Ia meminta kepada masyarakat agar perlunya meningkatkan kewaspadaan terhadap sumber panas yang ada di rumah tangga, seperti kompor dan barang-barang elektronik.

“Kebakaran sebenarnya dapat diminimalisir dengan cara meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan masyarakat itu sendiri “tutupnya.(Amir)

No More Posts Available.

No more pages to load.