BANNER IKLAN

Polisi Lakukan Contraflow Antisipasi Arus Balik Idul Adha 1441 H

oleh -61 views

Jakarta| Polisi telah melakukan serangkaian antisipasi kemacetan lalu lintas kendaraan dalam arus balik Idul Adha 1441 H. Salah satu upaya tersebut adalah dengan melakukan rekayasa lawan arus atau Contraflow di tol Jakarta-Cikampek yang mulai diberlakukan siang ini, hal ini disampaikan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyatakan,Minggu (2/8).

“Nanti malam, mulai dari siang ini, mungkin mulai sudah ada contraflowdiberlakukan dari kilometer 65 sampai KM 47,” kata Sambodo kepada wartawan, di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu.

BACA  Wabup Tanjabtim Buka Festival Olahraga Pelajar Daerah

Sistem contraflow sebelumnya juga dilakukan pada puncak arus mudik Iduladha 1441 H pada Kamis (30/1) malam hingga Jumat (31/1) pagi.

Sementara ini diprediksi pada arus balik Iduladha akan ada 160 ribu kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta melalui gerbang Tol Cikampek Utama dan 140 ribu melalui Kalihurip Utama. Sehingga, polisi pun memprediksi arus kendaraan akan bertemu dan menumpuk di titik KM 66.

BACA  Empat Orang Pengedar Narkotika Jenis Sabu Di Ringkus Tim Intel Korem 031Wira Bima

“Beberapa titik yang menjadi perhatian adalah di pertemuan antara jalur dari arah Bandung dan jalur dari arah Cikampek,” kata Sambodo.

Ia juga menyatakan, pihaknya telah melakukan pengalihan arus kendaraan barang, mulai Sabtu (1/8) sampai dengan Senin (3/8) pukul 08.00 WIB.

Selain itu, jika upaya tersebut nanti belum berhasil mencegah kemacetan lalu lintas. Pihaknya tak segan memberlakukan oneway atau sistem arus satu jalan.

“Dan kalau memang situasi membutuhkan, maka bisa saja malam ini kita akan melaksanakan oneway, mulai dari Jawa Tengah sampai dengan masuk ke Jakarta,” sambungnya.

BACA  Polres Tebing Tinggi Gelar Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

Sambodo juga mengaku, pihaknya akan berkoordinasi dengan Pengelola Jalan Tol, jika memungkinkan untuk menyediakan mobile reader agar pembayaran tol tak perlu mengular di sepanjang jalan tol.

Selain itu, ia menyebut setidaknya 749 personel juga telah disiapkan untuk mengawal pos pengamanan yang ditujukan untuk memastikan keamanan dan kelancaran arus lalu lintas selama perayaan Idul Adha.(Bdh)

No More Posts Available.

No more pages to load.