BANNER IKLAN

Beri Kuliah Perdana di Politeknik Medan, Walikota Binjai Paparkan Aplikasi Sigum 

oleh -465 views

Binjai| CN- Wali Kota Binjai HM Idaham SH MSi memberikan kuliah perdana sekaligus temu ramah Tahun Akademik (TA) 2020/2021 Politeknik  Medan bertemakan Trasnformasi Digital Menguatkan Pendidikan Vokasi Dalam Era New Normal.

Bertempat di Gedung Politeknik Medan  Jalan Almamater, Padang Bulan, Kamis (10/9/2020).

Pada kesempatan itu, Idaham menyebut bahwa Pemerintah Kota Binjai menjadikan transformasi digital  sebagai solusi ditengah  pandemi Covid-19. Salah satu  contohnya adalah  penggunaan aplikasi  Sistem Informasi Guru Mengajar (SIGUM) untuk mengatasi  masalah ajar mengajar yang harus dilakukan secara  daring.

” Dalam proses transformasi digital  tersebut, Politeknik  Medan  memiliki peran dan dukungan yang sangat penting  kepada  Pemko Binjai hingga  mampu meraih predikat kota cerdas tingkat nasional ” ujar Pak Wali, panggilan karibnya.

Dibeberkannya ” Aplikasi SIGUM ini dibuat  oleh adik adik kita mahasiswa  Polmed  dan  kita sudah melaksanakan pelatihan  SIGUM  kepada seribu guru mulai dari tingkat SMA, SMP, SD dan PAUD  untuk  bisa  mengajar  secara  daring,” kata Idaham.
Idaham menceritakan perjalanan  Kota Binjai bertransformasi digital dimulai  dengan kolaborasi bersama Politeknik Medan dan PT  Telkom. Mulai dari tahap perencanaan, pembangunan command center, hingga  pembuatan   puluhan aplikasi” termasuk aplikasi SIGUM, dikerjakan oleh  tim  Binjai Smart City yang berasal dari mahasiswa  Polmed ” imbuhnya.
  “ Sampai saat ini dosen dan mahasiwa  Polmed masih  terus bersama  kami  untuk menjalankan kota cerdas, command center  Binjai  juga didesain oleh Polmed  dan menjadi  command center terbaik di Sumatera Utara,  semua aplikasi  adalah hasil kerja  dosen dan mahasiswa Polmed, kami tidak pernah membeli aplikasi  karena semua aplikasi dibangun secara in house,” kata Idaham.
Karena itu, Idaham  menegaskan, para mahasiswa Polmed patut bangga  dengan  kampusnya. Sebab Polmed memiliki kontribusi  untuk membangun kota cerdas di Sumut  melalui  kemampuan SDM  yang dihasilkannya.
Disamping itu, terkait perkembangan Aplikasi Sigum di kota Binjai, Kepala Dinas Pendidikan kota Binjai Sry Ulina Ginting menyampaikan bahwa pemahaman penggunaan SIGUM kepada para pengajar di kota rambutan semakin baik, dan antusias guru dalam mempraktikannya terus meningkat.

” hingga saat ini pihak kami tetap optimis dalam memberi pengarahan terkait penggunaan Aplikasi Sigum kepada guru dan operator sekolah, beberapa sekolah di Binjai juga sudah mulai menerapkan SIGUM ” ucap Sry Ulina Ginting beberapa waktu lalu, usai memberikan pelatihan praktik pembelajaran SiGUM kepada guru SD di Aula Disdik Binjai. Tepatnya pada (3/9) lalu.

Lina juga mengatakan sebisa mungkin akan membantu para siswa yang terkendala pembelajaran Daring.

” Dinas Pendidikan Binjai terus melakukan koordinasi kepada pihak-pihak terkait dalam mengatasi kendala yang ada. Bagi siswa yang tidak memiliki HP android, guru akan langsung datang kerumah murid tersebut untuk belajar secara langsung. Kendati pun begitu, kita tetap menerapkan protokol kesehatan ” jelasnya.(Rid)

No More Posts Available.

No more pages to load.