BANNER IKLAN

Tolak RUU Omnibus law, Ribuan Buruh Gelar Aksi Unjuk Rasa ke DPRD dan Kantor Walikota Medan

oleh -340 views

Medan| CN- Ribuan buruh yang tergabung dalam anggota Dewan Pimpinan Cabang Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPC K-SPSI) Kota Medan, melakukan aksi unjukrasa di DPRD kota Medan, Rabu (2/9/2020). Aksi tersebut sebagai penolakan RUU Omnibus Law.

Masa buruh bergerak memulai aksinya dari Pulo Brayan, Kecamatan Medan Barat, menuju lapangan Merdeka. Kemudian, ribuan buruh ini melanjutkan aksinya ke kantor walikota Medan sekitar pukul 10.30 Wib.

Rencananya, aksi unjukrasa ini akan dilanjutkan ke gedung DPRD kota Medan -yang lokasinya berseberangan dengan kantor walikota Medan-, dan DPRD Sumut.

Mereka melakukan buruh konvoi dengan menggunakan sepeda motor mengikuti dua mobil komando sambil menyanyikan lagu Indonesia raya dan mars SPSI.

Kemudian dilanjutkan dengan orasi dari pimpinan koordinator aksi, Jahotma Sitanggang.

Dalam orasinya, perwakilan buruh menolak Omnibus Law karena tidak berpihak kepada hak buruh.

“Kita ingin menolak RUU Omnibus Law, terkhusus untuk mencabut klaster cipta lapangan kerja yang cerabuti hak-hak buruh. Selain itu juga ingin menuntut walikota Medan untuk membuat dewan pengupahan,” ujar Suherman selaku Sekjen PUK SPSI PT. Growth Sumatera.

Selain itu juga SPSI mengkritik keaktifan dari Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Medan dalam menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan perburuhan sangat melempem.Buruh juga menuntut untuk segera dikeluarkan dan ditandatanganinya SK DEPEKO (Dewan Pengupahan Kota). Penuntutan pembayar honor DEPEKO hingga menghentikan PHK sepihak dengan alasan Covid-19.Diiringi mobil komando, buruh menyanyikan lagu-lagu perjuangan. Buruh meramaikan bahu jalan di depan kantor walikota Medan dan depan DPRD kota Medan.Aksi demo tersebut dihadiri anggota DPC K-SPSI kota Medan, Ketua Federasi F-SPTI-K-SPSI kota Medan Anton Ñasaribu, Seketaris  F-SPTI-K-SPSI kota Medan Edi Riadi SH, Ketua Federasi SP RT MM-SPSI kota Medan Ahmad Rivai, Skketaris SP RT-SPSI kota Medan Sutrisno, Ketua Federasi SP LEM-SPSI kota Medan Gimin, Seketaris SP LEM-SPSI kota Medan Supranoto, Ketua SP KEP-SPSI kota medan J.Sitanggang SH, Seketaris SP KEP-SPSI kota Medan Darwis Nasution dan ribuan buruh.(Tim)

No More Posts Available.

No more pages to load.